Kamis, 01 November 2012

Tanggung Jawab Seorang Anak dan Pengabdian Orang Tua

 

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB SERTA PENGABDIAN

  
Sepasang suami istri guru sekolah dasar di sebuah desa dikaruniai enam orang anak. Untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga besar tersebut, si ibu tetap bekerja sebagai guru, karena tahu bahwa gaji suaminya juga kecil. Si ibu di rumah tidak melepaskan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga, karena memang tidak mampu membayar pembantu. Untuk urusan pendidikan di sekolah si bapak yang bertanggung jawab, sedangkan si ibu untuk urusan pendidikan yang bersangkutan dengan rumah tangga, si bapak membimbing putra putrinya dalam belajar di rumah malam hari, sedangkan siang hari ia mengajarkan anaknya untuk menanam sayur, memelihara ternak yang hasilnya langsung dapat dinikmati oleh keluarga, si ibu membimbing putra putrinya untuk mandiri, setelah anak-anaknya mulai harus sekolah di kota mereka hanya di sewakan kamar yang murah dan mereka sudah terbiasa mempersiapan segala sesuatunya sendiri seperti memasak, mencuci dan pekerjaan rumah lainnya.

Kini penghuni kamar tersebut semakin bertambah karena adik-adiknya yang mulai menyusul kakaknya untuk sekolah di kota. Seminggu sekali salah satu dari mereka pulang untul mengambil uang dan perbekalan di desa, dan sekali sebulan ayah ibu mereka datang ke kota untuk mengunjungi putra-putrinya untuk memastikan anak-anaknya menjalankan kewajibannya dengan baik dan benar. Hal demikian juga dilakukan oleh keluarganya sewaktu anak pertama mereka mulai masuk ke perguruan tinggi. Pada waktu di sulung sudah tamat dan bekerja, iya pindah ke tempat kerjanya dan ia pun mulai membantu orang tuanya untuk membiayai sekolah adik-adiknya. Sehingga putra-putri keluarga guru tersebut dapat menyelesaikan pendidikannya di tingkat perguruan tinggi dan menyandang gelar sarjana.
 Sementara itu kedua orang tua mereka yang usianya tidak lagi produktif kini sudah harus pensiun, putra-putri mereka pun merasa perjuangan kedua orang tua mereka sudah cukup, mereka pun merasa bangga terhadap orang tuanya yang telah membesarkan mereka dengan kasih sayang dan memberikan pendidikan yang cukup hingga mereka bisa merasakan hidup yang layak dan berguna bagi bangsa dan negara.
Dari contoh kasus diatas dapat kita simpulkan bahwa tanggun jawab yang dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya dengan membiayai sekolah anak-anaknya hingga perguruan tinggi, dan pengabdian orang tua dengan sepenuh hati mereka lakukan agar putra-putrinya dapat menjadi anak yang berguna, membanggakan kedua orang tua dan bisa merasakan hidup layak.


(Sumber : Google)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar